Photobucket Photobucket 

javascript:void(0)
Share |
Photobucket Photobucket Photobucket
Buku Tamu
Kisi-Kisi UN 2012 BAHASA INDONESIA SMALB - A, D, DAN E
Rabu, 28 Desember 2011
Kisi-kisi Ujian Nasional 2012 BAHASA INDONESIA SMALB - A, D, DAN E (TUNANETRA, TUNA DAKSA RINGAN, DAN TUNA LARAS)

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1
Membaca dan memahami berbagai teks bacaan sastra dan non sastra. Memahami ragam wacana tulis seperti novel, cerpen, puisi (baru/lama), dan hikayat, artikel, teks pidato, berbagai jenis paragraf, teks bacaan, tabel maupun grafik.
Menentukan isi wacananonsastra:
- Judul
- Kalimat utama
- Ide pokok
- Isi paragraf
- Simpulan
- Isi berita
- Keteladanan
- Isi laporan
- Isi wacana
- Fakta/opini.
Menentukanjenisparagraf.
Menentukan unsur intrinsik wacana sastra:
- Tema puisi/isi puisi
- Isi pantun
- Latar cerita
- Amanat cerita
- Kesimpulan isi puisi
- Jenis pantun.
Menentukan kalimat pidato (pembuka/ penutup/isi).
2
Menulis dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekposisi) hasil observasi, puisi, proposal, surat dagang, karya ilmiah, rangkuman, ringkasan, notulen rapat dan naskah drama, surat dinas, laporan, resensi, dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, ketepatan kalimat, struktur kalimat, kepaduan/kelengkapan kata serta penggunaan ejaan dan tanda baca.
Menggunakan huruf besar.
Menggunakan kata ganti pada kalimat.
Menggunakan kata serapan pada kalimat.
Menggunakan kata penghubung pada kalimat.
Menggunakan ungkapan pada kalimat.
Menggunakan tanda baca pada kalimat.
Menggunakan kata berkonotasi pada kalimat.
Menggunakan majas pada kalimat
Menggunakan peribahasa sesuai ilustrasi.
Menyusun kalimat petunjuk melakukan sesuatu
Memperbaiki kalimat tidak efektif
Menyusun paragraf menjadi padu.
Menyusun berbagai jenis surat

Label:


>>selengkapnya...☞
posted by admin @ 17.59   0 comments
Kisi-Kisi UN 2012 BAHASA INDONESIA SMALB-B (TUNA RUNGU)
Kisi - Kisi Ujian Nasional 2012 BAHASA INDONESIA SMALB - B (TUNA RUNGU)

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1
Membaca nonsastra dan sastra
Memahami jenis wacana nonsastra dan sastra yang berupa teks bacaan, wacana tulis, artikel, teks pidato, nonteks (tabel, grafik), berbagai jenis paragraf, puisi lama, dan puisi baru, cerpen, novel, hikayat, dan drama.
Menentukan ide pokok pada bacaan nonsastra.
Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi bacaan nonsastra
Menentukan judul bacaan pada bacaan nonsastra.
Menentukan kalimat fakta pada bacaan nonsastra.
Menentukan kalimat opini pada bacaan nonsastra.
Menentukan watak tokoh utama pada bacaan sastra
Menentukan latar pada bacaan sastra
Menentukan pesan pada bacaan sastra
Menentukan isi puisi
2
Menulis nonsastra dan sastra
Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam bentuk paragraf, teks pidato, wawancara, proposal, surat dagang, surat dinas, karya ilmiah, rangkuman, ringkasan, resensi, laporan pengamatan, karangan, dan esai dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks ketepatan kalimat, struktur kalimat, kepaduan/kelengkapan paragraf, pilihan kata serta penggunaan ejaan dan tanda baca; mengungkapkan informasi dalam bentuk puisi baru, puisi lama, cerpen, dan drama.
Menyusun kerangka laporan.
Menyusun paragraf padu.
Menggunakan kata berimbuhan pada kalimat.
Menggunakan gabungan kata pada kalimat.
Menggunakan huruf kapital pada kalimat.
Menentukan arti kata ulang pada kalimat.
Menggunakan kata ulang pada kalimat.
Menggunakan kata ganti pada kalimat.
Menyusun surat
Menyusun bagian-bagian surat resmi.
Menyusun kalimat pertanyaan.
Menyusun kalimat perintah.
Menggunakan antonim pada kalimat.
Menggunakan sinonim pada kalimat.
Memanjangkan singkatan
Menggunakan kata umum dan kata khusus pada kalimat.
Menggunakan EYD pada kalimat
Menggunakan ungkapan pada kalimat
Menggunakan peribahasa pada kalimat
Menggunakan kata berkonotasi pada kalimat.
Menyusun kalimat wawancara sesuai ilustrasi.
Menyusun berbagai jenis kalimat.

Label:


>>selengkapnya...☞
posted by admin @ 17.38   0 comments
Kisi-Kisi UN 2012 BAHASA INGGRIS SMALB - A, D, DAN E
Selasa, 27 Desember 2011
Kisi - kisi Ujian Nasional Tahun 2012 BAHASA INGGRIS SMALB - A, D, DAN E (TUNANETRA, TUNA DAKSA RINGAN, DAN TUNA LARAS)

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1
LISTENING (Mendengarkan)
Memahami makna dalam wacana lisan/isyarat interpersonal dan transaksional secara formal maupun informal dalam bentuk teks fungsional pendek, narrative,
descriptive, recount, dan procedure dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/tersirat/rinci dari percakapan transaksional/interpersonal
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/
tersirat/rinci atau makna kata/frasa dari teks fungsional, dan atau teks monolog pendek dan sederhana bentuk narrative/ recount/ procedure/ descriptive.
2
READING (Membaca)
Memahami makna dalam wacana tertulis secara formal maupun informal dalam bentuk teks fungsional pendek, narrative, descriptive, recount, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menentukan gambaran umum/informasi rinci/tertentu atau makna kata/frasa dari teks fungsional pendek berbentuk invitation.
Menentukan gambaran umum atau makna kata/frasa atau informasi tertentu/rinci dari teks pendek berbentuk advertisement.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci/tertentu atau makna kata/frasa dari teks fungsional pendek berbentuk letter/e-mail.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/rinci/pikiran utama paragraf atau makna kata/frasa dari teks pendek dan sederhana berbentuk descriptive.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ rinci/pikiran utama paragraf atau makna kata/frasa dari teks pendek dan sederhana berbentuk narrative.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ rinci/pikiran utama paragraf atau makna kata/frasa dari teks pendek dan sederhana berbentuk recount.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ rinci/pikiran utama paragraf atau makna kata/frasa dari teks pendek dan
sederhana berbentuk procedure.
3
WRITING (Menulis)
Mengungkapkan secara formal maupun informal dalam bentuk teks fungsional pendek, narrative, descriptive, recount, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari- hari.
Menyusun kata acak menjadi kalimat yang padu dan bermakna.
Menyusun kalimat acak menjadi teks pendek dan sederhana berbentuk recount/procedure/narrative/ descriptive/procedure.
Melengkapi 2 rumpang pada teks pendek berbentuk narrative/ procedure/recount/descriptive dengan kosa kata yang sesuai.

Label:


>>selengkapnya...☞
posted by admin @ 22.48   0 comments
Kisi-kisi UN 2012 BAHASA INGGRIS SMALB-B (TUNA RUNGU)
KISI - KISI UJIAN NASIONAL 2012 BAHASA INGGRIS SMALB - B (TUNA RUNGU)

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1
READING (Membaca)

Memahami makna dalam wacana tertulis interpersonal dan transaksional secara formal maupun informal dan teks fungsional dan monolog/esai pendek dalam bentuk descriptive, procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menentukan tujuan komunikatif/gambaran umum/ informasi tertentu/informasi rinci/pikiran utama paragraf/makna kata dari teks fungsional pendek dan sederhana.
Menentukan tujuan komunikatif/gambaran umum informasi tertentu/informasi rinci/pikiran utama paragraf/makna kata dari teks monolog berbentuk descriptive dan procedure.
Menentukan istilah-istilah teknis, nama, fungsi alat-alat yang terdapat di dalam teks pendek tentang (komputer, tata busana, tata boga, otomotif, cetak sablon).
2
WRITING (Menulis)
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional secara formal maupun informal, teks fungsional/monolog pendek dalam bentuk descriptive, procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menentukan ungkapan/kata-kata untuk melengkapi teks fungsional pendek dan sederhana.
Menentukan ungkapan/kata-kata untuk melengkapi teks monolog pendek dan sederhana berbentuk descriptive, procedure.
Menentukan ungkapan/kalimat untuk melengkapi percakapan interpersonal pendek dan sederhana.
Menentukan ungkapan/kalimat untuk melengkapi percakapan transaksional pendek dan sederhana.
Menentukan ungkapan/kalimat untuk melengkapi deskripsi (nama, sifat, tindakan, fungsi) benda/orang/binatang secara pendek dan sederhana.

Label:


>>selengkapnya...☞
posted by admin @ 22.38   0 comments
Kisi-kisi UN 2012 MATEMATIKA SMALB - A, D, DAN E
Kisi - kisi Ujian Nasional Tahun 2012 Matematika SMALB-A, D, DAN E (TUNA NETRA, TUNA DAKSA RINGAN, DAN TUNA LARAS)

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1
Menerapkan nilai kebenaran pernyataan majemuk dalam pemecahan masalah
Menentukan salah satu contoh kalimat terbuka atau pernyataan.
Menentukan ingkaran sebuah pernyataan.
Menentukan nilai kebenaran dari sebuah pernyataan majemuk.
2
Memahami konsep aljabar yang berkaitan denganpangkat, akar, logaritma, fungsi aljabar, persamaan linear, dan kuadrat pertidaksamaan satu variabel
Menentukan hasil operasi bentuk akar dan bilangan pangkat pecahan.
Menentukan akar persamaan kuadrat dan penyelesaian pertidaksamaan linear satu variabel.
Menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan linear.
Menentukan invers atau fungsi komposisi dua fungsi.
3
Memahami konsep pola dan barisan bilangan serta dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan pola dan barisan bilangan.
Menentukan pola barisan bilangan.
Menentukan suku ke-n barisan bilangan.
Menentukan rumus suku ke-n barisan bilangan.
Menentukan jumlah n suku pertama suatu deret aritmetika dan deret geometri.
Menentukan barisan bilangan yang diketahui suku pertama dan beda atau sebaliknya.
4
Memahami konsep penyajian dan menafsirkan data, serta dapat menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram.
Menentukan ukuran pemusatan (mean, median, dan modus) data tunggal.
5
Memahami konsep peluang serta dapat menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Menentukan ruang sampel suatu kejadian.
Menentukan peluang suatu kejadian.
Menentukan frekuensi harapan dari suatu kejadian.
6
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel dan sistem persamaan linear dua variabel.
Menyelesaikan persamaan linear satu variabel.
Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel.

Label:


>>selengkapnya...☞
posted by admin @ 10.16   0 comments
Kisi-kisi UN 2012 MATEMATIKA SMALB-B (TUNA RUNGU)
Kisi - kisi Ujian Nasional Tahun 2012 Matematika SMALB-B (TUNA RUNGU)

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1
Menerapkan nilai kebenaran pernyataan majemuk dan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah
Menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan majemuk
Menarik kesimpulan yang sah dari dua premis
2
Memahami konsep aljabar (pangkat, akar, logaritma), sistem persamaan linear, kuadrat serta menggunakan sifat dan aturan fungsi dalam penyelesaian soal
Menyelesaikan soal mengenai bilangan berpangkat, akar pangkat, dan logaritma
Menentukan nilai fungsi
Menentukan komposisi fungsi
Menentukan fungsi invers
3
Memahami konsep pola dan barisan bilangan serta dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan pola dan barisan bilangan.
Menentukan pola dan barisan bilangan.
Menentukan suku ke-n deret aritmetika dan geometri.
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan barisan aritmetika dan geometri.
4
Memahami konsep penyajian dan menafsirkan data, serta dapat menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Membaca dan menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram.
Menentukan ukuran pemusatan (mean, median, dan modus) data tunggal.
5
Memahami konsep peluang serta dapat menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Menentukan ruang sampel suatu kejadian.
Menentukan peluang suatu kejadian.
Menentukan frekuensi harapan dari suatu kejadian.
6
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel dan sistem persamaan linear dua variabel.
Menyelesaikan persamaan linear satu variabel.
Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel.
7
Memahami konsep bangun ruang untuk menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang pada dimensi tiga
Menentukan sisi, rusuk yang vertikal, horizontal, dan sejajar dari suatu bangun ruang sisi datar.
Menentukan diagonal bidang, ruang, dan bidang diagonal.

Label:


>>selengkapnya...☞
posted by admin @ 09.09   0 comments
Kisi-kisi UN 2012 Bahasa Indonesia SMK
Kisi - kisi Ujian Nasional Tahun 2012 Bahasa Indonesia SMK

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1
Membaca berbagai informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat dan berbagai bentuk teks.
Menentukan gagasan pokok, simpulan, makna istilah, kalimat penjelas, pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf.
Menentukan jenis laporan.
Menentukan isi petunjuk kerja.
Menentukan isi riwayat hidup/biografi.
Menentukan isi grafik/matriks.
Menentukan tanggapan logis dan tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf.
Menentukan kata baku/tidak baku, kata bersinonim/ berantonim, kata bermakna konotasi, kata bermakna, dan perubahan makna kata.
Menentukan kalimat tanya yang sesuai dengan konteks.
Menentukan kalimat yang berbentuk opini/fakta dalam paragraf.
Menentukan makna ungkapan /peribahasa.
Menentukan tema dan majas dalam puisi.
Menentukan amanat cerpen/novel.
Menentukan latar dan tahapan alur novel/roman.
Menentukan unsur ekstrinsik novel.
Menentukan isi naskah drama, dan perwatakan tokoh.
2
Menulis berbagai teks dalam konteks bermasyarakat; membuat parafrasa; menulis jenis-jenis wacana (naratif, deskriptif, ekspositoris, argumentatif); meringkas teks; menyimpulkan isi teks; menulis proposal, surat, dan laporan.
Menentukan penulisan kata, pilihan kata, dan ungkapan.
Menentukan pikiran penjelas, kalimat efektif, kalimat yang menyatakan hubungan perbandingan, dan susunan topik karangan.
Menentukan tujuan, jenis kegiatan, dan sistematika penulisan proposal.
Menentukan penulisan bagian-bagian surat, kalimat pembuka, kalimat penutup, kalimat surat balasan yang santun.
Menentukan kalimat memo.
Menentukan isi surat berita keluarga.
Melengkapi paragraf sesuai dengan jenisnya.
Melengkapi bagian-bagian surat kuasa.
Menentukan isi surat perjanjian jual beli.
Menentukan kalimat pengumuman.
Menyusun catatan kaki.
Menentukan isi catatan hasil rapat.

Label:


>>selengkapnya...☞
posted by admin @ 08.39   0 comments
Kisi-kisi UN 2012 Bahasa Inggris SMK
Senin, 26 Desember 2011
Kisi - kisi Ujian Nasional Tahun 2012 Bahasa Inggris SMK

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1
LISTENING (Mendengarkan)
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal, transaksional dan teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian.
Picture
Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang lokasi suatu benda/posisi seseorang sesuai dengan gambar
Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang penampilan (ciri-ciri fisik) seseorang/deskripsi benda sesuai dengan gambar
Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang keadaan/situasi di suatu tempat/gedung/wilayah, sesuai dengan gambar
Questions/Statements-Response
Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/ pertanyaan lisan yang berisi pemberian saran/ permohonan
Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/ pertanyaan lisan yang mendeskripsikan benda/ perbandingan suatu benda
Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/ pertanyaan lisan yang mengungkapkan kejadian/ peristiwa di koran/berita/kejadian yang dialami seseorang
Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/ pertanyaan lisan yang berisi pemberian arah atau lokasi suatu tempat/keberadaan seseorang yang diberikan
Short Conversation
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat dari percakapan lisan singkat tentang suatu kemungkinan/rencana
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci, tersurat dan atau tersirat dari percakapan lisan singkat tentang kegiatan sehari-hari/di waktu lampau/di waktu akan datang
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci, tersurat dan atau tersirat dari percakapan lisan singkat tentang pemesanan sesuatu/pemberitahuan tentang keadaan suatu barang
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci, tersurat dan/atau tersirat dari percakapan lisan singkat tentang suatu perbandingan/ pemilihan benda
Short Talk (Monolog)
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci, tersurat dan atau tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat tentang proses pengerjaan/ pembuatan suatu barang/prosedur melakukan sesuatu
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci, tersurat dan atau tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat tentang pengalaman kerja/kegiatan atau aktivitas di sekolah/pusat bisnis
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci, tersurat dan atau tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat berbentuk pengumuman singkat/iklan

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
2
Reading (Membaca) Memahami makna dalam wacana tulis interpersonal, transaksional dan teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian.
Incomplete Dialog
Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi permohonan/pemberian saran.
Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pelayanan tamu/percakapan di telepon/ percakapan pribadi.
Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog terkait dengan kejadian masa lampau/kejadian yang sedang berlangsung.
Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi undangan/pesan singkat.
Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi perijinan/pemberitahuan.
Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi keluhan/meminta/memberi bantuan.
Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi perintah/permohonan/saran.
Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi rencana/janji yang akan datang.
Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pengandaian/pilihan tindakan.
Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi penyampaian rasa simpati/persetujuan.
Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pemberian arah/lokasi suatu benda/tempat/posisi seseorang.
Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang kegiatan rutin/kegiatan masa lampau.
Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pemesanan suatu barang/jasa.
Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang suatu kemungkinan/ pendapat.
Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang terkait dengan kegiatan yang sedang berlangsung/ suatu rencana.
Error Recognition
Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perbandingan benda/ orang.
Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi benda/ tempat.
Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam ungkapan yang berhubungan dengan penawaran/persuasi/permohonan.
Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan menyatakan deskripsi fisik seseorang (physical appearance)/ benda.
Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan pengandaian/ membuat pilihan.
Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perasaan suka/ simpati.
Reading Comprehension
Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa dalam surat bisnis/memo/pesan/e-mail.
Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa dalam sebuah tabel/diagram/jadwal/grafik.
Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa dalam teks berbentuk recount.
Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat, atau rujukan kata/frasa atau makna kata/frasa dalam sebuah teks procedure dalam bentuk a.l. manual/ resep/ petunjuk/instruksi.
Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat atau rujukan kata/frasa atau makna kata/frasa dalam teks advertisement tentang sebuah benda/tempat/jasa.

Label:


>>selengkapnya...☞
posted by admin @ 08.08   0 comments
Kisi-kisi UN 2012 Matematika SMK
Sabtu, 24 Desember 2011
Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun 2012 KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1
Melakukan operasi bilangan real dan menerapkannya dalam bidang kejuruan
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan operasi bilangan real
Menentukan hasil operasi bilangan berpangkat dan bentuk akar, dan/atau logaritma
2
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan
Menyelesaikan masalah sistem persamaan atau pertidaksamaan linear dua variabel
Menentukan model matematika pada permasalahan program linier.
3
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi linear, fungsi kuadrat, dan program linear
Menentukan fungsi linear dan/atau grafiknya
Menentukan fungsi kuadrat dan/atau grafiknya
Menentukan model matematika dari masalah program linear.
Menentukan daerah himpunan penyelesaian dari masalah program linear
Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linear
4
Menerapkan konsep matriks dan vektor untuk memecahkan masalah
Menentukan hasil operasi matriks atau invers suatu matriks
Menentukan hasil operasi vektor dan besar sudut antar vektor pada bidang atau ruang
5
Menerapkan prinsip-prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan
Menentukan invers, konvers, atau kontraposisi
Menarik kesimpulan dari beberapa premis
6
Menentukan unsur-unsur bangun datar, keliling dan luas bangun datar, luas permukaan dan volum bangun ruang, unsur-unsur irisan kerucut serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
Mengidentifikasi bangun datar, bangun ruang, dan unsur-unsurnya
Menghitung keliling dan luas bangun datar atau menyelesaikan masalah yang terkait.
Menghitung luas bangun permukaan bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait.
Menghitung volum bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait
7
Menerapkan konsep perbandingan trigonometri dalam pemecahan masalah.
Menentukan unsur-unsur segitiga dengan menggunakan perbandingan trigonometri.
Mengkonversi koordinat kutub ke koordinat kartesius atau sebaliknya
8
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret
Mengidentifikasi pola, barisan, atau deret bilangan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan atau deret aritmetika
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri
9
Menerapkan konsep peluang dalam pemecahan masalah.
Menentukan permutasi atau kombinasi
Menghitung peluang suatu kejadian atau frekuensi harapannya
10
Menerapkan konsep dan pengukuran statistik dalam pemecahan masalah
Menginterpretasi data yang disajikan dalam bentuk tabel atau diagram
Menghitung ukuran pemusatan data.
Menghitung ukuran penyebaran data
11
Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah
Menentukan limit fungsi aljabar atau fungsi geometri
Menentukan turunan fungsi aljabar atau fungsi geometri
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep turunan
12
Menggunakan konsep integral dalam pemecahanan masalah
Menentukan integral tak tentu atau integral tentu dari fungsi aljabar atau trigonometri
Menentukan luas daerah di antara dua kurva
Menentukan volum benda putar
13
Menerapkan konsep irisan kerucut dalam memecahkan masalah
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan lingkaran atau parabola

Label:


>>selengkapnya...☞
posted by admin @ 14.17   0 comments
Kisi-kisi UN 2012 Matematika SMK
Kisi-Kisi Ujian Nasional 2012 SMK KELOMPOK AKUNTANSI DAN PEMASARAN

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1
Melakukan operasi hitung pada bilangan real dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan persentase untung atau rugi dari suatu kegiatan ekonomi.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
2
Menggunakan konsep persamaan dan pertidaksamaan, program linier dalam pemecahan masalah.
Menentukan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel.
Menentukan model matematika pada permasalahan program linier.
Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat.
3
Menerapkan konsep operasi pada matriks dalam pemecahan masalah
Menghitung hasil operasi matriks.
Menentukan invers matriks.
4
Mengaplikasikan prinsip-prinsip logika matematika dalam menarik kesimpulan.
Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan
Menentukan kesimpulan yang sah berdasarkan aturan penarikan kesimpulan dari dua buah premis yang diketahui.
5
Menyelesaikan masalah berkenaan dengan fungsi dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
Menentukan salah satu unsur pada perhitungan keseimbangan pasar, jika diketauiu fungsi permintaan dan fungsi penawaran.
Menentukan persamaan fungsi kuadrat, jika diberikan grafiknya dan atau sebaliknya.
6
Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
Menentukan rumus umum atau salah satu unsur dari suatu barisan aritmetika atau geometri.
Menentukan jumlah deret geometri tak hingga atau memecahkan masalah terkait.
7
Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar dalam menyelesaikan masalah.
Menghitung keliling dan luas bangun datar.
8
Menerapkan konsep permutasi dan kombinasi serta banyak kemungkinan dan peluang suatu kejadian dalam menyelesaikan masalah.
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan permutasi atau kombinasi.
Menentukan peluang suatu kejadian.
9
Menerapkan konsep pengolahan, penyajian, dan penafsiran data statistik dalam pemecahan masalah.
Menginterpretasi data yang disajikan dalam bentuk diagram.
Menentukan ukuran pemusatan data.
Menentukan ukuran penyebaran data.
10
Menerapkan konsep matematika keuangan serta trampil menggunakannya untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang kejuruan.
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bunga tunggal.
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bunga majemuk.
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan rente.
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan anuitas.
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan penyusutan.

Label:


>>selengkapnya...☞
posted by admin @ 14.05   0 comments
Kisi-kisi UN 2012 Matematika SMK
Jumat, 23 Desember 2011
KELOMPOK PARIWISATA, SENI, DAN KERAJINAN, TEKNOLOGI KERUMAHTANGGAAN, PEKERJAAN SOSIAL, DAN ADM. PERKANTORAN

KOMPETENSI
INDIKATOR
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep operasi bilangan real.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala atau perbandingan.
Menentukan hasil operasi pada bilangan berpangkat.
Menentukan hasil operasi bentuk akar.
Menentukan nilai logaritma tertentu dengan menggunakan sifat-sifatnya.
Menentukan penyelesaian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan, matriks, dan program linear.
Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaanlinear.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
Menyelesaikan operasi matriks.
Menentukan model matematika dari masalah program linear.
Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linear.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas daerah bangun datar.
Menentukan keliling bangun datar.
Menentukan luas daerah bangun datar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan/atau luas daerah bangun datar.
Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
Menentukan rumus umum atau suku ke-n dari suatu barisan bilangan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan atau deret aritmetika.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan atau deret geometri.
Menerapkan aturan konsep statistika dalam pemecahan masalah.
Menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram.
Menghitung ukuran pemusatan data.
Menghitung ukuran penyebaran data.

Label:


>>selengkapnya...☞
posted by admin @ 15.08   0 comments
Strategi Pembelajaran Tematik
Rabu, 21 Desember 2011
Pembelajaran tematik secara formal diterapkan pada siswa sekolah dasar kelas I, II, dan III. Karena karakteristik belajar pada anak usia awal pendidikan dasar adalah belajar secara utuh (holistik) sesuai dengan pengalaman secara nyata, langsung, dan kontekstual, serta menyenangkan. Karakteristis belajar seperti ini membutuhkan pendekatan pembelajaran yang bersifat terpadu dan kontekstual. Pembelajaran tematik merupakan salah satu upaya untuk mendekatkan ciri belajar anak dengan proses pembelajaran yang perlu dikembangkan oleh guru untuk mencapai tujuan belajar dan pembelajaran untuk anak usia sekolah dasar yang lebih powerfull (terintegrasi, bermakna, aktif, menantang dan menyenangkan).
Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menggunakan tema sebagai pokok bahasan atau kajian yang memungkinkan dapat mengaitkan atau mengintegrasikan pencapaian tujuan-tujuan belajar beberapa mata pelajaran terkait sehinggamemberikan pengalaman belajar secara langsung kepada anak.
Pembelajaran tematik memiliki beberapa karakteristik yang unik dibandingkan jenis pendekatan pembelajaran lainnya, diantaranyaa:

  1. pembelajaran tidak menggunakan batas-batas mata pelajaran secara formal;
  2. pembelajaran berpusat pada tema relevan yang dipilih yang memungkinkan siswa membangun makna secara utuh pada obyek kajian yang dipelajari tanpa dipisahkan oleh mata pelajaran;
  3. tema yang dipilih haruslah dapat mengaitkan pencapaian standar kompetensi, kompetensi dasar,dan indikator atau tujuan pembelajaran beberapa mata pelajaran terkait yang relevan;
  4. tema dipilih harus aktual dalam kehidupan siswa;
  5. menyajikan konsep dari beberapa mata pelajaran terkait yang relevan;
  6. pembelajaran tematik berspektif student centered learning;
  7. pembelajaran tematik memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada anak dalam membahas objek kaian yang dipelajari;
  8. pembelajaran tematik bersifat luwes;
  9. menggunakan prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkan;
  10. pembelajaran tematik membutuhkan penggunaan strategi pembelajaran dan penilaian berbasis portofolio dan asesmen kinerja;
  11. hasil pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa;
  12. pembelajaran tematik memungkinkan belajar sesuai dengan irama pertumbuhan dan perkembangan siswa;
  13. memmungkinkan penerapan prinsip belajar dari yang sederhana ke yangkompleks, dari yang nyata ke yang abstrak, dari yang mudah ke yang sulit;
  14. siswa dapat belajar dengansimultan baik secara mandiri, partisipatif, dan kooperatif;
  15. siswa dapat mengintegrasikan pengetahuan, nilai-nilai dan sikap, serta keterampilannya menjadi satu kesatuan kompetensi dasar yang dibutuhkan dalam usaha penyesuaian diri dengan tuntutan lingkungan.

Penerapan pembelajaran tematik memiliki beberapa kelebihan , antara lain;

  1. siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu;
  2. siswa mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalalm tema yang sama;
  3. pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
  4. kompetensi dasar dapat dikembangkan lebih baik dengan mengaitkan mata pelajaran lain dengan pengalaman pribadi siswa;
  5. siswa mampu lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi disajikan dalam konteks tema yang aktual, nyata dan jelas;
  6. siswa lebih bergairah belajar karena dapat berkomunikasi dalam situasi nyata untuk mengembangkan suatu kemampuan dalam satu mata pelajaran sekaligus mempelajari mata pelajaran lain;
  7. guru dapat menghemat waktu karena mata pelajaran yang disajikan secara tematik dapat dipersiapkan sekaligus dan diberikan dalam satu mata pelajaran sekaligus mempelajari mata pelajaran lain.
disarikan dari berbagai sumber

Label:


>>selengkapnya...☞
posted by admin @ 18.52   0 comments
www.voa-islam.com
Previous Post
Archives
Links

© education Blogger Templates modified by blogger