Photobucket Photobucket 

javascript:void(0)
Share |
Photobucket Photobucket Photobucket
Buku Tamu
Penelitian tindakan kelas
Jumat, 16 Oktober 2009
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR

(Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X-4
SMA Negeri 1 Banjar Tahun Pelajaran 2007/2008)

Oleh
Purwanto, S.Pd. dan I Gusti Made Oka, S.Pd.
( Guru SMA Negeri 1 Banjar di Banyuatis, Buleleng, Bali )

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan aktivitas belajar siswa, 2) meningkatkan hasil belajar siswa, dan 3) mengetahui pendapat siswa terhadap penerapan model siklus belajar pada pembelajaran kimia. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Banjar kelas X-4 yang berjumlah 38 orang pada semester ke-1 tahun pelajaran 2007/2008. Dan objek penelitiannya adalah 1) aktivitas belajar, 2) hasil belajar siswa, dan 3) pendapat siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model siklus belajar yang diterapkan dalam pembelajaran Kimia, dapat meningkatkan: 1) aktivitas belajar siswa dan 2) hasil belajar siswa, serta 3) siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan rerata nilai, dimana pada siklus 59,75 menjadi 64,22 pada siklus II. Keberhasilan penerapan model pembelajaran juga dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa, dari 41,67 % pada siklus I menjadi 68,42 % pada siklus II. Siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran, dimana terdapat 77,73 % siswa yang menyatakan setuju, 18,02 % ragu-ragu, dan hanya 4,25 % tidak setuju dengan penerapan model siklus belajar.


Kata Kunci: Model Siklus Belajar, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
posted by admin @ 15.28  
2 Comments:
Posting Komentar
<< ke depan
 
www.voa-islam.com
Previous Post
Archives
Links

© education Blogger Templates modified by blogger