Photobucket Photobucket 

javascript:void(0)
Share |
Photobucket Photobucket Photobucket
Buku Tamu
Inovasi Pembelajaran
Jumat, 23 September 2011
Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, guru dituntut untuk melaukan inovasi pembelajaran, yaitu suatu usaha pembaharuan yang harus dilaksanakan untuk mengatasi kendala dan hambatan dalam pembelajaran yang selama ini ditemukan. Sebuah proses pembelajaran dikatakan berkualitas apabila pembelajaran tersebut bersifat powerfull. Artinya suatu proses pembelajaran hendaknya bermakna bagi peserta didik, terintegrasi, dan membuat menantang dalam usaha belajar siswa. Pembelajaran yang seperti inilah yang biasa disebut dengan pembelajaran aktif yang berorientasi PAKEM (Produktif, aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan).
Pembelajaran yang produktif merupakan usaha yang memberdayakan siswa untuk memproduksi ilmu pengetahuan , sain dan teknologi yang akan bermanfaat bagi dirinya dan lingkungannya. Pembelajaran ini menghindarkan siswa dari perilaku belajar yang hanya mampu menjadi konsumen ilmu.
Untuk itu maka pembelajaran hendaknya mampu menantangsiswa untuk aktif dalam belajar, yaitu terlibat secara aktif dan mampu berpartisiptif secara penuh baik fisik maupun mental serta menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam proses belajar. Dan inilah tantangan guru untuk mampu mengkonstruksi pembelajaran secara kontekstual.
Belajar yang kreatif merupakan proses pembelajaran yang memberi kebebasan kepada siswa untuk berkreasi dalam proses belajar untuk menemukan dan mengembangkan strategi berpikirnya dalam mengeksplor informasi dan menemukan pengetahuan baru, mengembangkan ide dan gagasan, serta menciptakan karya-karya baru.
Orientasi berikutnya adalah pembelajaran yang efektif dan efisien, artinya pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk mengembangkan sendiri tujuan-tujuan belajar mereka yang memiliki motivasi secara internal yang harus dicapai secara efisien dengan cara melakukan refleksi pengalaman belajar dan mengembangkan strategi belajar yang baru yang lebih efektif.
Situasi dan kondisi belajar yang nyaman dan menyenangkan, belajar yang sesuai dengan gaya belajar siswa, belajar yang relevan dengan tujuan dan kebutuhan siswa, belajar yang mampu memotivasi siswa secara internal untuk berprestasi, dan belajar yang mendatangkan reward serta memberikan kepuasan siswa adalah suatu persyaratan yang harus ada dalam mencapai pembelajaran yang menyenangkan.
Namun kesemuanya tidak terlepas dari strategi, model, dan teknik yang harus sesuai dengan karakter peserta didik, karakter mata pelajaran serta karakter sekolah masing-masing. Hal ini menuntut guru untuk mampu mengklsifikasikan dan menyesuaikan karakter yang dimiliki subyek pendidikan agar tujuan pendidikan dapat terlaksana dengan baik.

Label:

posted by admin @ 14.42  
0 Comments:
Posting Komentar
<< ke depan
 
www.voa-islam.com
Previous Post
Archives
Links

© education Blogger Templates modified by blogger