NO  |   KOMPETENSI  |   INDIKATOR  | 
1  |   Menjelaskan berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.  |   Menyebutkan peristiwa yang termasuk perubahan fisika/kimia.  | 
Menyebutkan kegunaan bahan kimia tertentu dalam kehidupan sehari-hari.  | 
2  |   Melakukan pengukuran dasar dengan alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.  
 | Menentukan besaran dan satuannya yang sesuai.  | 
Menyebutkan fungsi atau membaca alat ukur tertentu.  | 
3  |   Memahami dasar-dasar mekanika (gerak, usaha dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.  
 | Menyebutkan contoh gerak lurus dalam kehidupan sehari-hari.  | 
Menentukan jenis gaya, resultan gaya atau penerapan Hukum Newton pada berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari  | 
Menentukan besaran fisis usaha/energi dalam penerapannya pada kehidupan sehari-hari.  | 
Menjelaskan bentuk energi atau perubahannya energi yang terjadi pada suatu alat yang sedang digunakan.  | 
4  |   Mendiskripsikan konsep dasar tentang getaran, gelombang, karakteristik gelombang bunyi, cahaya dan optik serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.  
 | Menentukan besaran fisis pada getaran/ gelombang.  | 
Menentukan sumber bunyi suatu alat atau penerapan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari.  | 
Menyebutkan sifat-sifat bayangan dari cermin dan lensa.  | 
Menentukan jenis lensa untuk cacat mata tertentu.  | 
5  |   Memahami konsep dasar tentang listrik statis, listrik dinamis, dan kemagnetan secara kualitatif serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.  
 | Menentukan salah satu variabel dari rangkaian listrik tertutup.  | 
Menentukan hambatan pengganti beberapa hambatan listrik yang dirangkai secara seri atau paralel.  | 
Menentukan biaya penggunaan energi listrik.  | 
Menjelaskan benda-benda yang dapat ditarik magnet, cara membuat magnet atau pemanfaatan magnet dalam kehidupan sehari-hari.  | 
6  |   Mendiskripsikan konsep dasar tentang tata surya.  
 | Menjelaskan karakteristik sistem tata surya, gerak edar bumi, bulan atau pengaruh interaksinya.  | 
7  |   Memahami keaneka ragaman hayati klasifikasi, keragamannya berdasarkan hasil pengamatan dan cara-cara pelestariannya  
 | Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup.  | 
Mengklasifikasi makhluk hidup berdasarkan hasil pengamatan.  | 
Mengidentifikasi cara pelestarian makhluk hidup.  | 
8  |   Memahami saling ketergantungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem  
 | Mengidentifikasi kedudukan / peran makhluk hidup dalam ekosistem.  | 
Mendeskripsikan contoh-contoh simbiosis.  | 
Menjelaskan saling ketergantungan antar komponen ekosistem (rantai makanan).  | 
Menjelaskan dampak kepadatan populasi manusia.  | 
9  |   Menjelaskan berbagai sistem dalam kehidupan manusia dan tumbuhan.  
 | Menjelaskan fungsi sistem gerak pada manusia.  | 
Menjelaskan fungsi sistem ekskresi padamanusia.  | 
Menjelaskan fungsi sistem reproduksi pada manusia.  | 
Menjelaskan proses pernapasan pada manusia.  | 
Menjelaskan proses pencernaan/enzim pencernaan pada manusia.  | 
Menjelaskan proses peredaran darah pada manusia.  | 
Menjelaskan struktur/fungsi alat indera pada manusia.  | 
Menyebutkan organ tumbuhan/fungsinya.  | 
10  |   Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup dan penerapan teknik-teknik biologi sederhana dalam mendukung kelangsungan hidup manusia.  
 | Menyebutkan contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.  | 
Menyebutkan cara perkembangbiakan pada tumbuhan.  | 
Menjelaskan keuntungan pembiakan vegetatif pada tumbuhan.  | 
Menentukan cara perkembangbiakan pada hewan.  | 
Menjelaskan teknik biologi sederhana dalam meningkatkan jenis produksi dan kualitas pangan.  | 
Menyebutkan hasil bioteknologi sederhana.  |