NO | KOMPETENSI | INDIKATOR |
1 | Menjelaskan berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. | Menyebutkan peristiwa yang termasuk perubahan fisika/kimia. |
Menyebutkan kegunaan bahan kimia tertentu dalam kehidupan sehari-hari. |
2 | Melakukan pengukuran dasar dengan alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
| Menentukan besaran dan satuannya yang sesuai. |
Menyebutkan fungsi atau membaca alat ukur tertentu. |
3 | Memahami dasar-dasar mekanika (gerak, usaha dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
| Menyebutkan contoh gerak lurus dalam kehidupan sehari-hari. |
Menentukan jenis gaya, resultan gaya atau penerapan Hukum Newton pada berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari |
Menentukan besaran fisis usaha/energi dalam penerapannya pada kehidupan sehari-hari. |
Menjelaskan bentuk energi atau perubahannya energi yang terjadi pada suatu alat yang sedang digunakan. |
4 | Mendiskripsikan konsep dasar tentang getaran, gelombang, karakteristik gelombang bunyi, cahaya dan optik serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
| Menentukan besaran fisis pada getaran/ gelombang. |
Menentukan sumber bunyi suatu alat atau penerapan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari. |
Menyebutkan sifat-sifat bayangan dari cermin dan lensa. |
Menentukan jenis lensa untuk cacat mata tertentu. |
5 | Memahami konsep dasar tentang listrik statis, listrik dinamis, dan kemagnetan secara kualitatif serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
| Menentukan salah satu variabel dari rangkaian listrik tertutup. |
Menentukan hambatan pengganti beberapa hambatan listrik yang dirangkai secara seri atau paralel. |
Menentukan biaya penggunaan energi listrik. |
Menjelaskan benda-benda yang dapat ditarik magnet, cara membuat magnet atau pemanfaatan magnet dalam kehidupan sehari-hari. |
6 | Mendiskripsikan konsep dasar tentang tata surya.
| Menjelaskan karakteristik sistem tata surya, gerak edar bumi, bulan atau pengaruh interaksinya. |
7 | Memahami keaneka ragaman hayati klasifikasi, keragamannya berdasarkan hasil pengamatan dan cara-cara pelestariannya
| Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup. |
Mengklasifikasi makhluk hidup berdasarkan hasil pengamatan. |
Mengidentifikasi cara pelestarian makhluk hidup. |
8 | Memahami saling ketergantungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem
| Mengidentifikasi kedudukan / peran makhluk hidup dalam ekosistem. |
Mendeskripsikan contoh-contoh simbiosis. |
Menjelaskan saling ketergantungan antar komponen ekosistem (rantai makanan). |
Menjelaskan dampak kepadatan populasi manusia. |
9 | Menjelaskan berbagai sistem dalam kehidupan manusia dan tumbuhan.
| Menjelaskan fungsi sistem gerak pada manusia. |
Menjelaskan fungsi sistem ekskresi padamanusia. |
Menjelaskan fungsi sistem reproduksi pada manusia. |
Menjelaskan proses pernapasan pada manusia. |
Menjelaskan proses pencernaan/enzim pencernaan pada manusia. |
Menjelaskan proses peredaran darah pada manusia. |
Menjelaskan struktur/fungsi alat indera pada manusia. |
Menyebutkan organ tumbuhan/fungsinya. |
10 | Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup dan penerapan teknik-teknik biologi sederhana dalam mendukung kelangsungan hidup manusia.
| Menyebutkan contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup. |
Menyebutkan cara perkembangbiakan pada tumbuhan. |
Menjelaskan keuntungan pembiakan vegetatif pada tumbuhan. |
Menentukan cara perkembangbiakan pada hewan. |
Menjelaskan teknik biologi sederhana dalam meningkatkan jenis produksi dan kualitas pangan. |
Menyebutkan hasil bioteknologi sederhana. |