Photobucket Photobucket 

javascript:void(0)
Share |
Photobucket Photobucket Photobucket
Buku Tamu
Kisi-Kisi UN 2012 IPA SMPLB - A, D, DAN E (TUNANETRA, TUNA DAKSA RINGAN, DAN TUNA LARAS)
Senin, 09 Januari 2012
Kisi-Kisi Ujian Nasional 2012 IPA SMPLB - A, D, DAN E (TUNANETRA, TUNA DAKSA RINGAN, DAN TUNA LARAS)

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1
Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menyebutkan peristiwa yang termasuk perubahan fisika/kimia.
Menentukan kegunaan/efek samping bahan kimia tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
2
Melakukan pengukuran dasar dengan alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan pasangan besaran dan satuan yang sesuai dalam Satuan Internasional (SI).
Menyebutkan fungsi atau membaca alat ukur yang digunakan untuk mengukur besaran tertentu.
3
Memahami dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menyebutkan contoh gerak lurus dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan jenis gaya, pengaruh gaya, resultan gaya atau penerapan Hukum Newton pada berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis usaha/energi dalam penerapannya pada kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan perubahan energi yang terjadi pada suatu alat yang sedang digunakan.
4
Memahami konsep dasar tentang getaran, gelombang, karakteristik gelombang bunyi, cahaya, dan optika serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan besaran fisis pada getaran/ gelombang.
Menentukan sumber bunyi suatu alat atau penerapan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
Menyebutkan sifat-sifat cahaya
Menentukan jenis lensa untuk cacat mata tertentu.
5
Memahami konsep dasar tentang listrik statis, listrik dinamis, dan kemagnetan secara kualitatif, perhitungan sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan prinsip kerja elemen atau salah satu besaran fisis pada rangkaian listrik tertutup.
Menghitung hambatan pengganti beberapa hambatan listrik yang dirangkai secara seri atau paralel.
Menentukan biaya penggunaan energi listrik.
Menjelaskan benda-benda yang dapat ditarik magnet, cara membuat magnet atau pemanfaatan magnet dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan sifat atau manfaat magnet.
Menjelaskan cara pembuatan magnet..
6
Mendiskripsikan konsep dasar tentang tata surya secara kualitatif.

Menjelaskan karakteristik sistem tata surya, gerak edar bumi, bulan mengelilingi matahari atau pengaruh interaksinya.
7
Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.

Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
Mengelompokkan makhluk hidup.
Menjelaskan cara pelestarian makhluk hidup.
8
Menjelaskan komponen ekosistem serta interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan


Menyebutkan peran komponen-komponen ekosistem.
Memberi contoh-contoh interaksi antar makhluk hidup.
Menjelaskan penyebab pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan.
9
Menjelaskan berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Menjelaskan sistem gerak pada manusia.
Menjelaskan fungsi organ ekskresi pada manusia.
Menjelaskan fungsi organ reproduksi pada manusia.
Menjelaskan fungsi organ pencernaan dan zat/enzim yang berperan dalam proses pencernaan pada manusia.
Mengidentifikasi organ pada sistem pernapasan pada manusia.
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia.
Menjelaskan sistem syaraf dan alat indera pada manusia.
10
Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup dan penerapan teknik-teknik biologi sederhana dalam mendukung kelangsungan hidup manusia.

Mengidentifikasi cara-cara perkembangbiakan pada makhluk  hidup.
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
Menyebutkan jenis sumber makanan baru.
Menyebutkan teknik biologi dalam meningkatkan jenis dan produksi pangan.


Label:

posted by admin @ 18.20  
0 Comments:
Poskan Komentar
<< ke depan
 
www.voa-islam.com
Previous Post
Archives
Links

© education Blogger Templates modified by blogger