NO | KOMPETENSI | INDIKATOR |
1 | Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. | Menyebutkan peristiwa yang termasuk perubahan fisika/kimia. |
Menentukan kegunaan/efek samping bahan kimia tertentu dalam kehidupan sehari-hari. |
2 | Melakukan pengukuran dasar dengan alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
| Menentukan pasangan besaran dan satuan yang sesuai dalam Satuan Internasional (SI). |
Menyebutkan fungsi atau membaca alat ukur yang digunakan untuk mengukur besaran tertentu. |
3 | Memahami dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
| Menyebutkan contoh gerak lurus dalam kehidupan sehari-hari. |
Menentukan jenis gaya, pengaruh gaya, resultan gaya atau penerapan Hukum Newton pada berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari. |
Menentukan besaran fisis usaha/energi dalam penerapannya pada kehidupan sehari-hari. |
Menjelaskan perubahan energi yang terjadi pada suatu alat yang sedang digunakan. |
4 | Memahami konsep dasar tentang getaran, gelombang, karakteristik gelombang bunyi, cahaya, dan optika serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
| Menentukan besaran fisis pada getaran/ gelombang. |
Menentukan sumber bunyi suatu alat atau penerapan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari. |
Menyebutkan sifat-sifat cahaya |
Menentukan jenis lensa untuk cacat mata tertentu. |
5 | Memahami konsep dasar tentang listrik statis, listrik dinamis, dan kemagnetan secara kualitatif, perhitungan sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
| Menentukan prinsip kerja elemen atau salah satu besaran fisis pada rangkaian listrik tertutup. |
Menghitung hambatan pengganti beberapa hambatan listrik yang dirangkai secara seri atau paralel. |
Menentukan biaya penggunaan energi listrik. |
Menjelaskan benda-benda yang dapat ditarik magnet, cara membuat magnet atau pemanfaatan magnet dalam kehidupan sehari-hari. |
Menjelaskan sifat atau manfaat magnet. |
Menjelaskan cara pembuatan magnet.. |
6 | Mendiskripsikan konsep dasar tentang tata surya secara kualitatif.
| Menjelaskan karakteristik sistem tata surya, gerak edar bumi, bulan mengelilingi matahari atau pengaruh interaksinya. |
7 | Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
| Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup. |
Mengelompokkan makhluk hidup. |
Menjelaskan cara pelestarian makhluk hidup. |
8 | Menjelaskan komponen ekosistem serta interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan
| Menyebutkan peran komponen-komponen ekosistem. |
Memberi contoh-contoh interaksi antar makhluk hidup. |
Menjelaskan penyebab pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan. |
9 | Menjelaskan berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
| Menjelaskan sistem gerak pada manusia. |
Menjelaskan fungsi organ ekskresi pada manusia. |
Menjelaskan fungsi organ reproduksi pada manusia. |
Menjelaskan fungsi organ pencernaan dan zat/enzim yang berperan dalam proses pencernaan pada manusia. |
Mengidentifikasi organ pada sistem pernapasan pada manusia. |
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia. |
Menjelaskan sistem syaraf dan alat indera pada manusia. |
10 | Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup dan penerapan teknik-teknik biologi sederhana dalam mendukung kelangsungan hidup manusia.
| Mengidentifikasi cara-cara perkembangbiakan pada makhluk hidup. |
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup. |
Menyebutkan jenis sumber makanan baru. |
Menyebutkan teknik biologi dalam meningkatkan jenis dan produksi pangan. |