Photobucket Photobucket 

javascript:void(0)
Share |
Photobucket Photobucket Photobucket
Buku Tamu
Satelit Komunikasi
Sabtu, 14 November 2009
Teman tahukan apa itu satelit? Menurut penulis Satelit adalah suatu alat yang di gunakan untuk jalur telkomunikasi jarak jauh, Tanpa satelit komunikasi antar pulau dan negara tetangga tidak bisa di lakukan. Teman tahu sendirkan Negara Indonesia ini adalah
negara kepulauan terbesar di dunia jadi komunikasi harus lah bisa di nikmati oleh masyarakat Indonesia. Menurut hasil dari surfing penulis Indonesia atau departemen yang mengurus jasa telekomunikasi sudah meluncurkan 9 satelit dari tahun 1968 wah banyak juga ya..
Berikut daftar Satelit Indonesia
Palapa A1
Palapa A2
Palapa B1
Palapa B2
Palapa B2P(diluncurkan pada 29 Maret 1987)
Palapa B2R (diluncurkan pada 13 April 1990)
Palapa B4 (diluncurkan dengan Delta 2 pada 14 Mei 1992 berakhir Mei 2003)
Telkom-1 (diluncurkan dengan Ariane V118 pada 12 Agustus 1999)
Telkom-2 (di luncurkan pada 16 November 2005)
Tujuan dari peluncuran satelit ini untuk mempermudah komunikasi antar pulau di Indonesia dan juga untuk mewujudkan kembali janji Gajah Mada semasa kerajaan Majapahit bahwa wilayah Nusantara harus di persatukan dalam satu kedaulatan yaitu kerajaan Majapahit. Maka dari itu satelit dari 1 sampai 7 di namakan PALAPA.
Menurut Presiden saat peluncuran satelit Telkom-2, keberadaan satelit pertama di Indonesia -yaitu Satelit Palapa A1- mempunyai nilai tersendiri bagi bangsa Indonesia. Kegunaannya yang semula untuk keperluan komunikasi telepon, radio atau televisi, akhirnya membawa dampak positif yang mengikutinya, seperti membantu tugas umum pemerintahan, pertahanan dan keamanan, memperlancar aktivitas perdagangan antar daerah, hubungan sosial dan budaya masyarakat yang pada akhirnya menuju kepada mempererat rasa persatuan dan kesatuan bangsa.
Terakhir Indonesia meluncurkan satelit Telkom-2 yang beroperasi selama 15 tahun wah lama juga ya…satelit ini menggatikan satelit pendahulunya yaitu satelit Palapa B4. Cakupan operasional pun meliputi seluruh negara ASEAN, India, bahkan sampai ke Guam yang merupakan wilayah Amerika Serikat. Wah Nusantara banget tuh heheheee…dengan begitu Indonesia menjadi satu-satunya negara berkembang yang memiliki satelit sendiri, dan juga tercatat menjadi negara ketiga di dunia setelah Amerika serikat dan Kanada yang mempunyai Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD).
Nah begitu ceritanya bagaimana sudah mengerti betapa pentingnya satelit dalam kehidupan kita jadi gunakan dan syukuri program yang di luncurkan oleh pemerintah. Baik sampai di sini dulu ceritanya Terima kasih telah membaca artkel saya. Jangan lupa berikan komentar untuk artikel ini agar ada feedback dari penulis dan pembaca.

Label:

posted by admin @ 21.53  
0 Comments:
Posting Komentar
<< ke depan
 
www.voa-islam.com
Previous Post
Archives
Links

© education Blogger Templates modified by blogger