Photobucket Photobucket 

javascript:void(0)
Share |
Photobucket Photobucket Photobucket
Buku Tamu
Penelitian Tindakan
Minggu, 15 November 2009
Mengajar merupakan profesi yang tidak mudah. Adanya pembaharuan dan pengkajian terhadap teori pendidikan, metode, model pembelajaran serta teknik-teknik evaluasi merupakan bagian yang harus dipahami dan diaplikasikan oleh seorang pendidik dalam dunia pendidikan, hal itu menunjukkan bahwa mengajar adalah profesi yang sulit. Sehingga dalam pelaksanaan proses pembelajaran pasti akan timbul suatu permasalahan yang tidak boleh dibiarkan terus menerus terjadi. Permasalahan yang sifatnya situasional di dalam kelas perlu segera mendapat pemecahan sehingga peserta didik tidak menjadi korban dari metode pendidikan yang sedang diterapkan. Tapi mampukah guru dapat dengan cepat bertindak menyelesaikan segudang permasalahan ?
Salah satu cara memecahkan permasalahan dikelas adalah melalui penelitian tidakan kelas (PTK). Yang mana guru harus mampu menganalisis dan mengevaluasi kondisi peserta didik, tingkat kesukaran materi, daya dukung sarana, metode dan yang tidak kalah pentingnya adalah cara yang digunakan guru dalam melakukan interaksi dengan peserta didik. Sebenarnya sudah begitu banyaknya para guru mengadakan penelitian tindakan kelas, bahkan tidak sedikit pula yang sudah menjadi jawara dalam penelitian, tapi mengapa output pendidikan kita masih rendah.
Pengertian PTK:
  1. Suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tidakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dan tindakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan itu serta memperbaiki kondisi dimana praktik pembelajaran tersebut dilaksanakan
  2. Studi yang sistematis yang dilakukan dalam upaya memperbaiki praktik-praktik pendidikan dengan melakukan tindakan praktis serta refleksi dari tindakan tersebut (Ebbut dalam Kasihani Kasbullah,1998)
Beberapa alasan mengapa PTK sangat diperlukan, diantaranya:
  1. Dapat meningkatkan wawasan pemahaman guru tentang interaksi dengan peserta didik
  2. Dapat memperbaiki praktek pembelajaran sehingga menjadi lebih efektif
  3. Melatih guru dalam mengambil keputusan secara profesional dan aktual
  4. PTK tidak mengganggu proses pembelajaran secara umum
  5. Menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik pembelajaran
Karakteristik PTK
  1. Masalah yang diangkat adalah masalah praktis di kelas yang dihadapi pendidik
  2. Melibatkan guru dan siswa dalam pelaksanaannya
  3. Adanya tindakan yang dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran di kelasAdanya tindak lanjut setelah penelitian dengan analisis yang dilakukan oleh guru
Prinsip-prinsip PTK
  1. Tidak mengganggu proses pembelajaran sehingga dilakukan terintegrasi dengan proses pembelajaran
  2. Tidak terlalu menyita waktu
  3. Tindakan yang dilakukan dapat diterapkan di kelas
  4. Masalah yang diangkat adalah masalah guru dan berkaitan dengan misi sekolah
  5. Berorientasi pada perbaikan proses pembelajaran
  6. Berkesinambungan
Lebih lengkap tentang artikel Pendidikan, PTK dan tekhnik penyusunan PTK serta contoh Penelitian Tindakan Kelas dapat anda simak blog sahabat kami Bapak Gede Putra Adnyana,S.Pd silahkan klik di sini

Label:

posted by admin @ 14.55  
0 Comments:
Posting Komentar
<< ke depan
 
www.voa-islam.com
Previous Post
Archives
Links

© education Blogger Templates modified by blogger