Photobucket Photobucket 

javascript:void(0)
Share |
Photobucket Photobucket Photobucket
Buku Tamu
Penilaian Portofolio
Senin, 10 Juni 2013
Penilaian portofolio adalah cara penilaian terhadap keberhasilan siswa dalam proses belajar yang dilakukan secara berkelanjutan berfokus pada kumpulan atau dokumentasi karya-karya terbaik siswa yang menunjukkan perkembangan kemajuan belajar siswa dalam periode waktu tertentu. Kumpulan karya-karya terbaik siswa dalam kemajuan belajarnya dapat berupa artikel atau esai tertentu, laporan kajian ilmiah, puisi, hasil karya kelompok, laporan tugas PR, piagam penghargaan yang diperoleh, phooto-photo kegiatan studi lapangan, hasil tes, naskah drama, naskah untuk majalah dinding, dsb. yang terkait dengan pencapaian kompetensi- kompetensi pembelajaran untuk mata pelajaran tertentu pada periode waktu tertentu. Penilaian portifolio ini disamping dapat dilakukan oleh guru, dapat pula dilakukan oleh siswa siswa sendiri dengan prinsip penilaian diri (self-assessment) secara berkelanjutan. Fungsi penilaian diri ini adalah untuk menilai kemajuan belajar siswa itu sendiri, sehingga diharapkan dapatmembantu siswa mengenali diri terutama mengenali kelebihan dan kekurangan atau kelemahan-kelemahan dirinya yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajarnya secara berkelanjutan.
Agak berbeda dengan penilaianlainnya, penilaian portofolio ini merupakan proses penilaian yang kompleks dan berkelanjutan serta dapat melibatkan siswa dalam proses menilai kemajuan belajarnya sendiri. Sehubungan dengan itu, ada beberapa langkah dan pertimbangan yang perlu dilakukan untuk dapat melakukan peilaian portofolio dengan baik, antar lain sebagai berikut ;
  1. Jelaskan kepada peserta didik tentang pentingnya menyusun portofolio hasil belajar, baik untuk kepentingaan guru melakukan penilaian kekmajuan hasil belajar siswa maupun untuk kepentingan siswa sendiri mengetaahui perkembangan proses dan hasil belajarnya. Dengan portofolio itu siswa akan mengetahui perkembangan tingkat pemahamannya, nilai-nilai dan sikapnya, komitmen-komitmennya, dan ketrampilan-keterampilan akademis dan sosialnya. 
  2. Tetapkan bersama siswa sampel-sampel yang representatif menunjukkan hasil karya terbaik belajar siswa untuk didokumentasikan dalam dokumen portofolio. Isi dokumen portofolio itu bisa sama, dan bisa juga berbeda antara satu siswa dengan siswa lainnya tergantung pada kemajuan belajar siswa masing-masing.Kumpulkan dan simpanlah setiap karya-karya siswa dalam satu map atau folder dan diberi identitas. Setiap map atau folder sebaiknya jugadipilah-pilah jenis karya yang akan didokumentasikan dan diberi tanda pemisah. 
  3. Berilah tanggal pembuatan karya yang didokumentasikan untuk mengetahui perkembangan hasil belajar siswa dari waktu ke waktu. 
  4. Tetapkanlah bersama siswa kriteria penilaian setiap sampel karya siswa yang didokumentasikan beserta pembobotannya. Diskusikanlah dengan siswa bagaiman setiap karya siswa yang didokumentasikan tersebutharus dinilai oleh guru dan siswa. Kriteria dan pembobotan penilaian setiap karya siswa haruslahditetapkan terlebih dahulu sebelum karya siswa itu dibuat dan didokumentasikan. Untuk ini guru perlu menyiapkan rubrik penilaian setiap jenis karya siswa untuk didiskusikan dengan siswa. Rubrik penilaian adalah suatu pedoman penilaian yang mengandung seperangkat indikator penilaian, pembobotan penilaian, skala penilaian yang digunakan, serta kriteria atau pertimbangan yang digunakan untuk menggunakan skala penilaian tersebut.
  5. Guru dapatmeminta siswa menilai karyanya sendiri secara berkesinambungan. Disini berlaku prinsip penilaian diri (self-assessment). Dalam penilaian diri ini siswa dapat menilai kelebihan dan kekurangan karya-karyanya serta upaya yang dilakukan untuk menyempurnakannya. Tentunya siswa perlu dibimbing untuk menemukan rujukan dalam menilai kelebihan dan kelemahan karya-karyanya. Penilaian diri ini penting untuk membantu siswa membuat kemajuan-kemajuan hasil belajar. 


  6. Setiap kali guru menilai karya siswa yang didokumntasikan, jika menemukan nilai siswa yang kurang memuaskan, maka perlu memberi kesempatan kepada siswa untuk memperbaikinya dalam kurun waktu tertentu. 
  7. Setelah guru dan siswa menyepakati hasil penilaiannya dan para siswa sudah merasa puas terhadap hasil penilaian oleh guru, maka barulah guru dapat merekapitulasi hasil penilaian portofolio siswa tersebut.

Label:

posted by admin @ 20.42  
0 Comments:
Poskan Komentar
<< ke depan
 
www.voa-islam.com
Previous Post
Archives
Links

© education Blogger Templates modified by blogger