Photobucket Photobucket 

javascript:void(0)
Share |
Photobucket Photobucket Photobucket
Buku Tamu
Penilaian Produk
Selasa, 11 Juni 2013
Penilaian produk adalah cara penilaian yang dilakukan dengan mengamati dan menilai keterampilan- keterampilan peserta didikdalam menghasilkan sebuah produk dan kualitas dari produk tersebut. Objek penilaian produk, karena itu, tidak saja kualitas produk yang dihasilkan oleh peserta didik, tetapi juga pada kualitas keterampilan- keterampilan siswa dalam menyiapkan dan proses membuat produk tersebut. Penilaian produk umumnya dilakukan terhadap pencapaian kompetensi belajar siswa dalam menghasilkan produk-produk belajar yang berkualitas, seperti membuat kumpulan puisi, membuat naskah drama, membuat artikel ilmiah untuk media massa, membuat karya tulis ilmiah, membuat produk karya seni, menyusun dokumen kebijakan publik dan sebagainya. Karena penilaianproduktidak bersifat tunggal pada objek produk saja, melainkan juga pada proses penyiapan dan prosespembuatan produknya, maka penilaian produk juga bersifat holistik dan analitik. Penilaian produk yang bersifat holistik cenderungmenggunakan satu format penilaian untuk semua aspek penilaian produk. Sedangkan penilaian analitik dapat menggunakan beberapa format penilaian sesuai dengan jumlah aspek penilaian produk. Penilaian pada aspek persiapan, antara lain mencakup kemampuan merencanakan, menggali informasi, mengembangkan gagasan, dan mendesain produk. Penilaian pada aspek proses pembuatan produk, mencakup kemampuan menyeleksi dan menggunakan bahan, alat, dan teknik serta kualitas prosedur membuat produk. Penilaian pada aspek kualitas produk mencakup kebenaran, keaslian, manfaat, kerapian/keindahan, dan sebagainya. Seperti juga pada penilaian unjuk kerja, penilaian produk juga berbasis pada pengamatan terhadap kualitas keterampilan dalam menghasilkan produk dan pengamatan terhadap kualitas produk.
Format Penilaian Produk (Holistik)
Nama Siswa :
Kelas :
No
Indikator Penilaian
Skala Rentang
1
2
3
4
1
Keaslian ide
2
Pengetahuan yang mendukung
3
Alat dan bahan yang digunakan
4
Cara pembuatan
5
Penampilan produk
6
Manfaat produk
Skor yang dicapai
Skor maksimum
24
Nilai
......
Format Penilaian Produk Artikel untuk Media Massa (analitik)
Nama Siswa :
Kelas :
No
Aspek
Indikator Penilaian
Skala Rentang
1
2
3
4
1
Persiapan
1. Memilih dan mengkritisi sumber
2. Pengumpulan data informasi
3. Desain awal artikel
2
Pembuatan artikel
1. Mengembangkan kerangka berpikir
2. Pengembangan gagasan pokok
3. Memilih materi penjelas
3
Kualitas produk
1. Kebenaran informasi
2. Kelugasan dan kejelasan
3. Bahasa komunikatif
4. Relevansi dengan sasaran pembaca
5. Relevansi pilihan topik
Jumlah Skor
Skor yang dicapai
Skor maksimum
44
Nilai
......

Label:

posted by admin @ 20.53  
0 Comments:
Posting Komentar
<< ke depan
 
www.voa-islam.com
Previous Post
Archives
Links

© education Blogger Templates modified by blogger