Photobucket Photobucket 

javascript:void(0)
Share |
Photobucket Photobucket Photobucket
Buku Tamu
Kemampuan Merancang dan Melaksanakan Penilaian
Rabu, 12 Juni 2013
Kemampuan Merancang dan Melaksanakan Penilaian dengan Prinsip Multi-prosedur, Multi-strategi/teknik, dan Multi-instrumen Kemampuan dan keterempilan guru dalam merancang dan melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar siswa dengan prinsip multi-prosedur hingga multi-instrumen sangat ditentukan seberapa banyak dan seberapa baik guru mengenali berbagai prosedur, strategi, teknik dan alat penilaian proses dan hasil belajar siswa. Sebagaimana diketahui oleh para pakar, pengukuran dan penilaian proses dan hasil belajar siswa, proses penilaian terhadap proses dan hasil belajar siswa tidaklah ditentukan semata-mata oleh penggunaan prosedur paper and pencil test saja. Di Dunia pendidikan dikenal berbagai penggunaan prosedur penilaian seperti penilaian unjukkerja, penilaian proyek, penilaian berdasarkan jurnal, prosedur penilaian diri (self assessment), penilaian portofolio, prosedur penilaian proses, wawancara klinis, penilaian dengan prosedur sosiometri, dan prosedur penilaian kepribadian dengan tes projekti. Berbagai prosedur penilaian ini tentu memerlukan tekni-teknik dan instrumen-instrumen penilaian tertentu yang relevan. Hubungan antara prosedur, teknik, dan alat penilaian yang digunakan dapat digambarkan secara kasar dengan pedoman tabel berikut.
NO
PROSEDUR PENILAIAN
TEKNIK PENILAIAN
INSTRUMEN
1
Paper and pencil test
Pemberian tes objektif dan tes esai, tes skala sikap, inventori nilai, rating scale, tes penalaran moral, dan sejenisnya
Tes objektif dan esai, skala sikap, rating scale, daftar cocok, kuesioner, inventori nilai, tes penalaran moral, dsb
2
Penilaian unjuk kerja
Tes melalui pengamatan
Lembar observasi dan pencatatan peristiwa
3
Penilaian proyek
Melakukan pengamatan, wawancara klinis, pencatatan dokumen, penilaian diri, pengembangan jurnal
Lembar observasi, pedoman wawancara klinis, pedoman pencatatan dokumen, format self-assessment, dan pedoman pencatatan jurnal
4
Penilaian berdasarkan jurnal
Pengembangan jurnal kegiatan
Pedoman pencatatan jurnal
5
Prosedur penilaian diri
Melakukan penilaian diri
Format self-assessment, dan laporan penilaian diri
6
Penilaian berbasis portofolio
Pengembangan proses belajar dan penilaian berbasis portofolio
Dokumen portofolio
7
Prosedur penilaian proses belajar
Melakukan pengamatan
Pedoman pengamatan
8
Prosedur penilaian wawancara klinis
Melakukan wawancara klinis
Pedoman wawancara klinis
9
Penilaian jarak sosial
Penilaian dengan sosiometri dan pemberian jarak sosial
Sosiogram dan kuesioner skala jarak sosial
10
Prosedur penilaian kepribadian
Pemberian tes kepribadian, pemberian tes projektif
Berbagai format tes kepribadian, tes objektif
Untuk dapat mengembangkan berbagai prosedur, teknik, dan alat penilaian seperti pada tabel di atas, disamping mampu membuat perencanaan PBK (penilaian berbasis kelas), seorang guru perlumemiliki kemampuan dan keteraampilan mengembangkan prosedur kerja dalam pengembangan aspek-aspek tersebut.
Kunci pokok dalam langkah-langkah kerja pengembangan prosedur, teknik, dan alat penilaian di atas adalah 1) menetapkan jenis kapabilitas belajar, 2) memberi nama variabel atas kapabilitas tersebut, 3) membuat definisi operasional variabel yang akan diukur, 4) menetapkan aspek-aspek substansi dan indikator-indikator hingga diskriptor dari kompetensi yang akan diukur, 5) menyususn kisi-kisi alat penilaian, 6) mengembangkan item-item penilaian dalam instrumen yangrelevam, 7) melakukan seleksi dan revisi, 8) melakukan judgement ahli, 9) melakukan revisi, 10) melakukan uji coba skala terbatas, 11) menganalisis hasil uji coba untuk mengetahui tingkat validitas dan realibilitas hasil pengukuran, 12) melakukan pengukuran dan penilaian, 13) menganalisis dan menginterpretasi hasil pengukuran, 14) membuat keputusan nilai, dan 15) melaporkan hasil penilaian. Beberapa metode penilaian autentik. Dewasa ini telah dikembangkan beberapa penilaian yang bersifat autentik yang sering juga disebut metode penilaian nontes. Beberapa jenis metode penilaian tersebut, antara lain adalah sebagai berikut;
  1. Penilaian Unjuk Kerja 
  2. Penilaian Produk 
  3. Penilaian Proyek 
  4. Penilaian Portofolio 
  5. Penilaian Sikap

Label:

posted by admin @ 14.11  
0 Comments:
Posting Komentar
<< ke depan
 
www.voa-islam.com
Previous Post
Archives
Links

© education Blogger Templates modified by blogger