Photobucket Photobucket 

javascript:void(0)
Share |
Photobucket Photobucket Photobucket
Buku Tamu
Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran
Selasa, 18 Juni 2013
Pembelajaran berorientasi PAKEM membutuhkan dukungan pengembannan dan penggunaan media pembelajaran. Hal ini disadari benar bahwa dalam pengembangan sistem pengetahuan di dalam diri manusia tidak bisa dipisahkan dari peranan indria (panca indria) manusia dalam menyerap masuknya informasi lingkungan ke dalam sistem dan struktur pengetahuan manusia di dalam pikiran. Penggunaan media pembelajaran, terutama pemanfaatan multimedia yanginteraktif, dapat membantu penggunaan seluruh indra manusia dalam proses belajar. Jika seluruh indra manusia ikurterlibat aktif dalam proses belajar maka diyakini akan memberikan hasil belajar yang lebih baik. Penggunaan media pembelajaran memberikan banyak manfaat kepada sisw. Siswa bisa belajar lebih kongkrit karena pengetahuan yang abstrak bisa dimodelkan melalui bantuan media. Media pembelajaran juga bisa membantu meningkatkan pemahaman belajar siswa karena informasi yang banyak dan abstrak bisa disusun lebih sistematis, sistemik, terstruktur, dan lebih bermakna melalui media. Penggunaan media juga bisa menghindarkan siswa dari miskonsepsi terhadap konsep-konsep yang abstrak dan kompleks. inikarena banyak objek dalam media pembelajaran, terutama multimedia, mampu memodelkan dan menjadi analogi bagi suatu pengetahuan yang abstrak dan kompleks. Sebagai contoh, suatu struktur kimia dalam air, misalnya dapat digambarkan ke dalam struktur simbolik tiga dimensi lewat media audio visual. Pemanfaatan media dalam pembelajaran juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan belajar menjadi lebih menyenangkan. Penggunaan media yang bersifat interaktif, dapat membantu meningkatkan keterlibatan siswa dalam belajar dan siswa menjadi lebih senang belajar.
Penggunaan komputer sebagai alat dan media pembelajaran sudahlah sangat canggih. Komputer telah dikembangkan menjadi sarana multimedia melalui program software multimedia dari yang paling sederhana dengan dua dimensi hingga tiga dimensi bahkan lebih. Bahkan penggunaan media internet telah menjadi sumber media tanpa batas untuk dapat digunakan dalam pembelajaran. Tetapi tidak seluruh informasi di internet dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Informasi bidang ilmu-ilmu sosial dan humaniora banyak yang kurang baik digunakan sebagai media pembelajaran.Guru perlu membantu siswa melakukan kritik sumber informasi sebelum menggunakan informasi internet sebagai sumber dan media pembelajaran. Kritik tersebut bisa dilakukan dengan menanyakan siapa pemilik sumber informasi tersebut, apakah cukup kredibel atau menyembunyikan pemiliknya, bagaimana penggunaan bahasa visual dan verbalnya, apakah mendukung tujuan-tujuan pembelajaran, bagaimana perspektif atau sudut pandang informasinya, pandangan seperti apa yang ingin ditonjolkan, apa muatan idiologi dan nilai-nilainya, apakah informasinya aktual atau sudah ketinggalan informasi, apakah kebenaran informasinya dapat diverifikasi dengan sumber-sumber yang lain dan sebaginya. Penggunaan software program-program multimedia dan berbagai situs internet sebagai sumber dan media pembelajaran perlu mempertimbangkan bebarapa hal dalam pembelajaran, antara lain tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, perbedaan sifat antar software dan situs, tingkat kompetensi yang ingin dicapai, prosedur penggunaan software, dan tingkat keterlibatan siswa yang ingin diciptakan dalam pembelajaran. Guru bisa mengembangkan sendiri multimedia pembelajaran yang akan digunakan di kelas berbasis penggunaan TIK sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang ingin dicapai serta karakteristik subjek didik. Yang paling sederhana adalah menggunakan software program presentasi seperti microsoft powerpoint, microsoft exel. Guru juga bisa menggunakan situs-situs internet sebagai sumber dan media pembelajaran. Untuk lebih interaktif guru dapat mengembangkan program movie maker, program flash dan sebagainya.

Label:

posted by admin @ 21.05  
0 Comments:
Posting Komentar
<< ke depan
 
www.voa-islam.com
Previous Post
Archives
Links

© education Blogger Templates modified by blogger