Sintaks/Langkah-langkah Utama Pembelajaran
|
Fase
|
Indikator
|
Aktivitas Siswa dan Guru
|
1
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan mempersiapkan siswa
|
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, latar belakang, penting dan manfaat pelajaran, dan menyiapkan siswa untuk belajar
|
2
|
Mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan
|
Guru mendemonstrasikan keterampilan yang benar atau menyajikan informasi tahap demi tahap
|
3
|
Pembentukan kelompok NHT
|
Guru membentuk kelompok siswa beranggota 3-5 orang dan setiap anggota diberi nomor urut kepala dari satu sampai sebanyak anggota kelompok. Jumlah anggota tiap kelompok harus sama
|
4
|
Mengajukan pertanyaan
|
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang bervariasi dan spesifik kepada kelompok siswa. Siswa menyatukan pendapatnya tehadap jawaban pertanyaan tersebut dan meyakinkan bahwa setiap anggota kelompok mengetahui atau mengerti jawaban ttersebut
|
5
|
Memperoleh jawaban dari tiap nomor anggota kelompok
|
Guru memanggil siswa dengan nomor kepala tertentu, dan siswa tiap kelompok yang nomornya dipanggil dapat mengacungkan tangan unutk menjawab pertanyaan yang diajukan kepada seluruh kelas
|
6
|
Penilaian kelompok
|
Guru memnilai jawaban tiap anggota yang nomornya sama
|
7
|
Pemberian Penghargaan kepada kelompok terbaik
|
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan nilai terbaik
|