Sintaks/Langkah-langkah Utama Pembelajaran
|
Fase
|
Indikator
|
Aktivitas Siswa dan Guru
|
1
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan mempersiapkan siswa
|
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, latar belakang, penting dan manfaat pelajaran, dan menyiapkan siswa untuk belajar
|
2
|
Pembentukan keleompok turnamen
|
Berdasarkan hasil penilaian terdahulu guru membuat kelompok siswa yang setara 4-5 orang yang heterogen tingkat kemampuan awalnya. Tiap anggota kelompok ditentukan rangking kemampuannya dalam kelompok; rangking I, II, III dst sesuai dengan jumlah angoota dalam kelompok
|
3
|
Mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan
|
Guru mendeminstrasikan keterampilan yang benar atau menyajikan informasi tahap demi tahap atau melakukan diskusi kelas
|
4
|
Mengajukan pertanyaan untuk turnamen
|
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk mengetes kemampuan siswa
|
5
|
Fase kompetisi
|
Tiap-tiap anggota dari kelompok yang berbeda dengan ranking kemmapuan awal yang setara berkompetisi menjawab pertanyaan yang diajukan guru untukmemberikan sumbangan padanilai kelmpok. Guru menilai jawaban tiap siswa dengan kemampuan awal yang setara
|
6
|
Evaluasi
|
Guru memnilai kenerhasilan tiap kelompok dengan menghitung nilai rerata tiap kelompok
|
7
|
Penghargaan kepada kelompok terbaik
|
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik
|