Sintaks/Langkah-langkah Utama Pembelajaran
|
Fase
|
Indikator
|
Aktivitas Siswa dan Guru
|
1
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan mempersiapkan siswa
|
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, latar belakang, penting dan manfaat pelajaran, dan menyiapkan siswa untuk belajar
|
2
|
Mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan
|
Guru mendemonstrasikan keterampilan yang benar atau menyajikan informasi tahap demi tahap
|
3
|
Mengajukan pertanyaan atau isu
|
Guru mengajukan pertanyaan atau isu yang berhubungan dengan pelajaran sambil meminta siswa untuk memikirkan pertanyaan atau isu tersebut secara mandiri individual. Siswa tidak boleh berbicara dengan siswa lain pada tahap ini
|
4
|
Pembentukan pasangan dan belajar kelompok
|
Guru meminta siswa secara berpasangan untuk berdiskusi tentang pertanyaan atau isu yang diajukan guru. Diskusi adalah melakukan sharing atas apa yang telah dipikirkan siswa secara mandiri pada fase belajar ke tiga. Hasil diskusi tiap pasangan dibuatkan dokumentasinya
|
5
|
Sharing antar kelompok pasangan
|
Tiap kelompok pasangan siswa melakukan presentasi dan melakukan diskusi kelas dengan kelompok pasangan lain. Guru menilai dan memberikan umpan balik atas hasil diskusi
|
6
|
Pemberian Penghargaan kepada kelompok terbaik
|
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok pasangan yang paling aktif, produktif, dan memberikan pandangan yang benar
|