Sintaks/Langkah-langkah Utama Pembelajaran
|
Fase
|
Indikator
|
Aktivitas Siswa dan Guru
|
1
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan mempersiapkan siswa
|
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, latar belakang, penting dan manfaat pelajaran, dan menyiapkan siswa untuk belajar
|
2
|
Belajar mandiri dengan teks/modul
|
Siswa secara mandiri dan individual mempelajari teks dalam modul (dapat dilakukan dalam bentuk tugas kokurikuler)
|
3
|
Pembentukan kelompok dan memilih topik atau masalah untuk inkuiri
|
Siswa membentuk kelompok 5-6 orang (bisa heterogen, bisa homogen berdasarkan minat terhadap topik). Tiap kelompok memilih topik atau masalah yang relevan untuk kegiatan inkuiri atau investigasi
|
4
|
Perencanaan investigasi
|
Guru dan siswa membahas dan merumuskan prosedur kerja kelompok untuk investigasi, pembagian tugas individu atau kelompok kecil, menyiapkan instrumen, ATK, dan gahan habis, serta jadwla kegiatan dan sebagainya
|
5
|
Prosedur investigas kelompok
|
Siswa dalam kelompok melaksanakan langkah-langkah melakukan investigasi kelompok. Guru memberikan fasilitasi, bimbingan, dan arahan bila diperlukan
|
6
|
Analisis, evaluasi, dan pelaporan
|
Siswa melakukan analisis hasil investigasi kelompok, melakukan evaluasi terhadap hasil investigasi, menyusun laporan singkat, dan menyiapkan bahan presentasi
|
7
|
Presentasi hasil investigasi kelompok dan penilaian
|
Siswa dalam kelompok melaporkan atau mempresentasikan hasil investigasi kelompoknya. Kelompok lain dapat memberikan diskusi. Guru melakukan penilaian terhadap hasil presentasi kelompok
|
8
|
Pemberian Penghargaan
|
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan nilai terbaik dalam membuat laporan dan melakukan presentasi kelompok
|