Photobucket Photobucket 

javascript:void(0)
Share |
Photobucket Photobucket Photobucket
Buku Tamu
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Senin, 16 Desember 2013
Dalam pembelajaran ini berbagai materi disajikan kepada siswa dalam bentuk teks atau modul. Setiap siswa dalam kelompok bertanggungjawab mempelajari satu porsi materi dalam teks atau modul. Anggota tim yang berbeda dan memiliki materi yang sama berkumpul membentuk tim ahli untuk belajar dan saling membantu mempelajari materi tersebut. Mereka lalu kembali ke kelompok awal dan mejelaskan sesuatu yang mereka pelajari dalam pertemuan tim ahli.

Sintaks / Langkah-langkah Utama Pembelajaran
Fase
Indikator
Aktivitas Siswa Dan Guru
1
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, latar belakang, penting dan manfaat pelajaran, dan menyiapkan siswa untuk belajar
2
Belajar mandiri dengan teks atau modul
Siswa secara mandiri dan individual mempelajari teks dalam modul (dapat dilakukan dalam bentuk tugas kokurikuler)
3
Pembentukan kelompok awal
Siswa dalam kelas dibagi dalam beberapa kelompok sebagai kelompok awal. Kelompok awal diberi nama, misalnya kelompok Teratai (tiap kelompok terdiri atas 4-5 orang. Tiap orang memerankan diri sebagai ahli atau pembawa peran; ahli A, B, C, D, atau E Jumlah ahli sesuai dengan tujuan pembelajaran)
4
Kerja kelompok ahli
Ahli yang sama pada setiap kelompok awal bertemu membentuk kelompok ahli. Setiap kelompok ahli membahas satu porsi teks dalam modul. Agar belajar lebih terfokus tiap kelompok ahli bertugas memecahkan masalah sesuai dengan porsi teks dalam modul yang dipelajari. Belajar dapat dilakukan dengan tekhik tutor teman sebaya atau diskusi kelompok. Di akhir kegiatankelompok ahli, harus diyakini bahwa setiap ahli dapat menguasai materi dan memecahkan masalah dengan tuntas.
5
Bimbingan belajar di kelompok awal
Setiap anggot kelompok ahli kembali ke kelompok awal untuk melakukansharing pengetahuan atau pengalaman dalam menguasai materi atau dalam memecahkan masalahnya masing-masing, sehingga semua anggota kelompok awal menguasai seluruh materi kelompok ahli.
6
Presentari hasil belajar oleh kelompok awal
Hasil kerja kelompok awal dipresentasikan oleh seluruh anggota kelompok awal. Guru menilai kompetensi presentasi seluruh anggota kelompok awal.
7
Pemberian penghargaan
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok awal terbaik dalam melakukan prestasi hasil belajarnya.

Label:

posted by admin @ 13.42  
0 Comments:
Poskan Komentar
<< ke depan
 
www.voa-islam.com
Previous Post
Archives
Links

© education Blogger Templates modified by blogger